Drive Theme

Keunggulan SSD dari Pada HDD yang Wajib Kamu Ketahui

DRIVETHEME - Keunggulan SSD dari Pada HDD. SSD atau solid state drive tidak terlalu populer dibandingkan dengan HDD atau hardisk drive. Wajar saja karena hardisk drive lebih dulu muncul dan banyak digunakan oleh komputer lama, di bandingkan dengan SSD. HDD lebih banyak digunakan oleh pc dari keluarga lama ketimbang dengan SSD.
Keunggulan SSD dari Pada HDD
Namun saat ini SSD lebih banyak digunakan ketimbang dengan HDD hingga pc dan laptop gaming ikut dalam menggunakan SSD sebagai media penyimpanan. Karena SSD lebih unggul di bandingkan dengan HDD. Jadi apa aja keunggulan SSD dari pada HDD. Pertama kita harus tahu apa itu SSD?

Apa Itu SSD?

Solid State Drive atau biasa di singkat dengan SSD adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Secara umum fungsi SSD hampir sama dengan HDD namun kedua perangkat ini memiliki perbedaan dari komponen dan sistem pemrosesan. HDD menggunakan lapisan magnetik sedangkan SSD menyimpan data pada chip emory flash. Sehingga SSD lebih unggul dari segi kecepatan ketimbang dengan HDD. Apa saja keunggulan dari SDD?

Keunggulan SSD Dibandingkan HDD

1. Ukuran dan Berat

Dari segi ukuran dan berat SSD lebih unggul karena berat SSD lebih ringan dari pada HDD. Karena HDD memiliki komponen yaitu platter, head dan sebagainya. Semua komponen tersebut juga ikut berpengaruh pada ukuran HDD secara keseluruhan. Piringan yang terdapat di dalam HDD juga cukup besar dapat mempengaruhi ukuran dan massa dari HDD.

Berbeda dengan SSD yang memiliki pirang yang tergolong kecil dan ringan yang hanya berukuran 2,5 inci saja. Sehingga SSD lebih mudah beradaptasi dengan komputer dan laptop keluaran terbaru yang cenderung kecil dan tipis.

2. Komponen dan Prinsip Kerja

Komponen yang digunakan di dalam SDD tergolong lebih kecil dan ringan sehingga lebih unggul dibandingkan dari HDD yang memiliki komponen yang lumayan besar. SSD menggunakan piringan yang diputar oleh motor secara mekanik oleh lengan yang terhubung dengan berbagai perangkat elektronik yang berfungsi dalam membaca dan menulis data pada piringan cakram tersebut. Berbeda dengan HDD yang menggunakan IC atau circuit dan microchip yang mirip dengan flash disk dan ram.

3. Kecepatan dalam Baca dan Menulis Data

Teknologi SSD merupakan teknologi yang dikembangkan dari teknologi HDD sehingga kecepatan dalam membaca data dan menulis data lebih cepat ketimbang dengan HDD. Kecepatan SSD lebih cepat 8 kali dibandingkan dengan HDD. Misalnya Komputer atau laptop yang menggunakan akan lebih cepat booting dibandingkan dengan yang menggunakan HDD hanya membutuhkan kurang dari 1 Menit.

4. Hemat Daya Listrik

Dalam hal kecepatan SSD jelas lebih unggul dibandingkan dengan HDD. Bukan hanya itu SSD juga lebih hemat dalam menggunakan daya listrik yaitu tidak lebih dari 1watt sedangkan HDD membutuhkan 10watt untuk dapat bekerja. Selain itu SSD juga lebih dingin dibandingkan dengan HDD sehingga perangkat komputer yang menggunakan SSD lebih awet.

5. Fragmentasi

Fragmentasi adalah suatu kondisi dimana HDD mengalami penurunan kinerja yang disebabkan penuhnya penyimpanan dengan file-file dan file-file tersebut akan mengalami penyebaran yang dapat menyebabkan HDD mengalami penurunan kinerja sehingga membuat komputer lebih lambat. Berbeda dengan SSD yang tidak akan mengalami fragmentasi karena sudah menggunakan chip flash.

0 Response to "Keunggulan SSD dari Pada HDD yang Wajib Kamu Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel